Segudang Manfaat Dari Kismis

Pada bulan haji seperti ini kita banyak menjumpai kismis (vitis Vinifera)  . Banyak diantara jamaah haji yang membawa pulang kismis sebagai oleh-oleh.

Kismis sangat di sukai banyak orang, karena rasanya yang manis.

Kismis yang sangat manis disebabkan kepekatan gula yang tinggi, dan bila disimpan terlalu lama, gulanya akan membentuk kristal di dalam buahnya.

Sebanyak 60% berat kismis terdiri dari gula, separuhnya fruktosa, dan separuhnya lagi glukosa. Kismis sangat tinggi akan kandungan antioksidan dibandingkan dengan buah prune dan aprikot. Kismis sendiri telah lama digunakan sebagai sumber diet untuk mendapatkan acid lemak dan tokoferol sebagai antioksidan.
Kismis berasal dari buah anggur (hijau atau hitam) yang dikeringkan.

ternyata Kismis tidak hanya untuk pelengkap pada kue saja, namun ia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa sajakah manfaat kismis?

• Konstipasi/sembelit: Kismis kaya akan serat yang bisa membantu pencernaan.

• Menambah berat badan: Seperti buah kering lainnya, kismis sarat akan fruktosa dan glukosa dan memberi banyak energi bagi tubuh. Jadi kismis selain baik untuk mereka yang ingin tubuh ideal (karena meningkatkan energi untuk berolahraga) juga cocok untuk meningkatkan berat badan tanpa menambah kolesterol dengan kandungan gulanya.

• Anemia: Kismis mengandung zat besi yang cukup untuk membantu perawatan anemia. Selain itu dalam kismis juga terdapat banyak vitamin B kompleks yang berguna untuk pembentukan darah.

• Demam: Phenolic Phytonutrients, dikenal karena memiliki fungsi sebagai pembunuh kuman, antibiotik dan antioksidan, banyak ditemui di kismis. Saat demam, Phenolic Phytonutrients akan membantu menyembuhkannya dengan melawan infeksi bakteri.

• Gangguan Seksual: Kismis juga dikenal dapat meningkatkan libido dan meningkatkan rangsangan. Ini dikarenakan kandungan asamamino bernama Arginine yang ada didalamnya. Bagi pria yang memiliki gangguan fungsi seksual sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kismis secara regular.

• Kesehatan Tulang: Selain menyimpan kalsium yang baik untuk tulang, kismis juga banyak memiliki Boron, nutrisi mikro yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium.

• Kesehatan Mata: Kismis mengandung polyphenolic phytonutrients yang memiliki fungsi antioksidan dan baik untuk kesehatan dan kerusakan mata. Selain itu kismis juga mengandung banyak vitamin A, A-Beta Karotin dan A-Karotin.

• Perawatan Gigi: Asam Oleanolic, salah satu dari phytochemicals yang ada pada kismis memegang peranan penting dalam melindungi gigi dari pembusukan, karang gigi, dan Melawan bakteria mulut yang menyebabkan sakit gigi

• Manfaat Lain:

Catechin, salah satu dari antioksidan pada kismis, sangat berguna dalam pencegahan tumor dan kanker kolon serta menjaga kesehatan jantung kita.

Memperbaiki sirkulasi (termasuk bagi kondisi seperti varicose veins, bengkak, lebam (bruise), dan pandangan kabur)

Melancarkan buang air besar

Memperbaiki tone dan kekenyalan kulit

Melindungi hati

Selain itu, kismis juga mampu menurunkan kadar radikal bebas.  Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat merusak sel dan membuat tubuh sulit untuk kembali bugar setelah berolahraga. Fakta ini terungkap dalam pertemuan tahunan American College of Nutrition. Para peneliti mempelajari delapan atlit triathlon yang berkompetisi dalam dua minggu yang terpisah.

Pada satu perlombaan, mereka diberi makan kismis dan pada perlombaan lainnya tidak. “Kismis secara signifikan mengurangi jumlah kerusakan sel pada tubuh atlit akibat radikal bebas” kata pimpinan utama penelitian ini, Gene Spiller, Ph.D. Beliau menyarankan Anda mengkonsumsi segenggam kismis sebelum berolahraga berat.

Maka tidak heran jika kita lihat  Rosulullah dan para sahabat memiliki badan yang sehat dan kuat karena memakan makanan yang berkualitas, beda dengan orang hari ini yang setiap saat menyantap makanan siap saji yang jelas banyak mengandung bahan pengawet.

Marilah kita kembali kepada Tibbun nabawi, makanan yang sering di konsumsi  Nabi dan para sahabat, jauhkan makanan-makanan siap saji dari dalam rumah kita karena darinyalah timbul berbagai penyakit.

Dari berbagai sumber.

5 responses to this post.

  1. info menarik.. trima kasih..

    Balas

  2. wow kismis manfaat’y bnyk buangetzzz “””trma ksh atas info’y uhkti muslimah

    Balas

  3. Posted by Cakrawangsa on Oktober 14, 2012 at 11:59 am

    temuan (yang) baru (saya) ketahui, apasalahnya mencoba

    Balas

  4. Posted by dwidaniarti on November 19, 2012 at 4:52 am

    Reblogged this on Dani Notes and commented:
    Add your thoughts here… (optional)

    Balas

  5. […] Berikut ini khasiat kismis untuk kesehatan yang kami ambil dari blog Ungkapan Hati Uhti Muslimah […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: