Mengobati Decubitus dengan Madu

Catatan akhir bulan
Decubitus oh decubitus. Kurang lebih 1 tahun suamiku mengalami decubitus. Saat ini ada 2 luka decubitus di pantat suamiku. Sebenarnya ada luka 3 kali, alhamdulillah yang pertama sudah sembuh dan sekarang luka kedua juga hampir sembuh sedang luka ketiga sedang dalam proses penyembuhan.

Luka yang pertama dan kedua tempatnya sama yaitu diatas tulang ekor. Sedang luka yang ketiga tempatnya di pantat kalau ini karena dulu terlalu lama duduk. Kalau sudah duduk kursi roda suamiku betah berjam-jam. akhirnya timbullah decubitus.

ini adalah kondisi awal luka di atas tulang ekor. Pada mulanya aku harus selalu menggunting daging yang membusuk pada luka yang semakin hari semakin dalam dan melebar. Luka itu juga mengeluarkan bau yang tidak sedap karena ada daging yang membusuk. Berbagai obat sudah aku coba, dari supratul, bioplacenton, nebacetin, oxoferin, levertram, clorofil, gamat dan propolis. Entah sudah habis berapa ribu untuk membeli obat. Yang mana obat-obatan itu akan sangat tampak reaksinya pada awal-awal pemakaian. Namun setelah beberapa bulan perkembangannya sangat lambat.

Alhamdulillah beberapa bulan yang lalu ada seorang dokter dari rumah sakit Kustati yang datang ke rumah. Beliau memberikan masukan supaya di beri madu, tapi harus madu murni. Alhamdulillah setelah diberi madu pertumbuhan dagingnya sangat cepat dan dagingnya kelihatan sangat segar. Meski belum sembuh total namun luka itu sekarang tinggal kecil.

Yang perlu perhatian extra adalah yang di pantat. Karena menunggu pertumbuhan daging dari dalam. Dulu lukanya sampai dalam dan sangat susah untuk dibersihkan, sehingga luka yang diluar sudah mulai mengering luka yang di dalam baru mulai tumbuh dagingnya.

Pernah juga saat suami mengalami luka bakar akibat sinar infra merah, hanya aku oles dengan madu alhamdulillah luka itu cepat sekali keringnya di banding obat-obatan yang lain.

Bagi penderita decubitus, supaya tidak ragu untuk menggunakan madu sebagai obat. Karena di dalamnya terdapat antibiotik alami yang selain murah insyaallah tidak ada efek samping. selamat mencoba.

110 responses to this post.

  1. As al, memang benar bu madu memiliki sekitar 12 manfaat pada luka, diantaranya: bisa sebagai desinfektan (mengurangi bakteri luka), mempercepat pertumbuhan granulasi (daging baru) dan mencegah infeksi pada luka.
    walaupun suami ibu sudah sembuh, tetap harus diperhatikan bahwa tingkat kekambuhan decubitus cukup tinggi, karena kulit ‘baru’ yang terbentuk kekuatannya hanya 80 %. Modalitas yang paling utama adalah pencegahan melalui perubahan posisi (miring kiri-miring kanan), kontrol kebersihan daerah anus dan sekitarnya termasuk menjaga kelembaban….salam kenal lets’s come to PORTAL ILMU LUKA INDONESIA

    Balas

    • Posted by tri on Mei 8, 2010 at 2:11 am

      Jazakallah atas infonya. kalau saya perhatikan kulit yang baru memang sangat tipis. kami juga usahakan untuk selalu merubah posisi meskipun sudah menggunakan kasur decubitus. alhamdulillah kemarin di beri hadiah teman kasur decubitus.

      Balas

      • salam mualaikum ibu, ortu saya jg mengalami keluhan penyakit yg sama, n saya tinggal di banjarmasin kalimantan selatan n kalo didaerah saya dimana saya bisa mendapatkan madu mesir tersebut n oh yaa no telp saya 081348 189391 n atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

      • Salam mualaikum ibu, Ibu saya uda nyari didaerah saya banjarmasin kalimantan selatan numun da juga dapat n kalo boleh saya mesan sama ibu untuk bisa mendapat kan madu mesir tersebut buat pengobatan mama saya n atas perhatianx saya ucapkan terima kasih

      • Ibu klo boleh saya minta no telp ibu n oh yaa ini no saya ibu 081348 189391

  2. Posted by tedy on Mei 31, 2010 at 3:43 am

    selamat pagi,

    saya mau bertanya , apakah setelah dioleskan madu lukanya boleh ditutup atau harus terbuka saja ? kemudian dalam sehari perlu dilakukan berapakali oles ?

    terima kasih,

    tedy

    Balas

    • Posted by tri on Mei 31, 2010 at 9:45 am

      Assalamu’alaikum.
      Biasanya saya bersihkan dulu dengan menggunakan air hangat kemudian dibersihkan dengan cairan NACL / infus. kemudian diolesi madu. tapi tangan dan kasa harus steril. usahakan menggunakan handskun / sarung tangan. kasa biasanya saya sterilkan sendiri dengan di open. kemudian luka di tutup dengan kasa yang steril tadi jangan lupa sekitar luka juga harus di bersihkan karena juga ada kumannya. sehari dibersihkan 2 kali pagi dan sore.
      Semoga bermanfaat.
      Wassalam

      Balas

  3. assalamu alaikum wr. wb.

    ibunda saya usai sembuh dari Stroke+DB 3 tahun lalu, masih sulit bergerak sendiri.
    mau bertanya, apa luka boleh terkena air atau ditutub saat mandi?
    kalau lukanya melebar dan ada cairan nanah dibersihkan/diserap dulu pakai kapas baru
    dibersihkan dengan cairan NaCl itu kandungan cairan infusnya atau asal cairan infus?
    kalau dioles madu (tahunya madu itu murni?)
    kalau madu propolis bagaimana?
    lantas ditutub dengan kasa, bukan kapas begitukah?

    terima kasih

    Balas

    • Posted by tri on Juni 12, 2010 at 2:08 am

      Wa’alaikum salam Wr.Wb.
      Semoga hari ini antum lebih baik dari hari kemarin. Kalau ada luka sebaiknya tidak terkena air, kalau mau mandi usahakan untuk di tutup.
      Untuk membersihkan luka sebaiknya menggunakan kasa bukan kapas, karena kapas bisa nempel pada luka. kalau tidak mau repot mensterilkan kasa sendiri beli juga ada yang sudah di sterilkan di apotik. Di bersihkan dulu menggunakan air hangat baru kemudian menggunakan NACL (Infus dan NACL itu sama).
      Mengapa menggunakan madu murni ? Insyaallah ini lebih murah kalau mau menggunakan propolis juga dak papa cuma saya pernah di wanti-wanti oleh seorang Dokter dari RS.Kustati yang beliau mempunyai pasien Diabetes yang kedua kakinya luka dan sembuh menggunakan madu murni. sehingga beliau menyarankan saya untuk menggunakan madu murni.
      Untuk menutup luka di gunakan kasa yang steril, jangan menggunakan kapas karena kapas bisa menempel pada luka.
      Semoga bermanfaat.
      Wassalamu’alaikum Wr.Wb

      Balas

  4. assalamu alaikum wr. wb.
    boleh bertanya lagi ibu?
    saat ini luka decubitus ditangani RS, dan jaringan mati digunting+buang lantas diberi spons adsorban u/ serap cairan keluar [nanah? kah dan yang “mengering” diberi jaring+gely pelembab] lantas ditutub kasa verban ; sudah 3 minggu ini dirawat pada pagi hari ; lantas bilamana bisa mengoles dengan madu murninya? kadang suka panas/sumer hingga 39 0C, walau telah diberi antibiotika+penurun panas.

    jadi diem-2 diminumi madu propolis infeksi & royal jely, selang 2 menit suhu normal kembali, karna kesulitan menelan [adakah hubungan dng stroke-nya [kesulitan gerak anggota tubuh sebelah kiri] ya lewat sonde.

    mohon petunjuk dan doa untuk kesembuhannya amin

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

    Balas

    • Wa’alaikum salam Wr.Wb.
      maaf baru bisa balas. Yang saya lakukan pada decubitus suami ketika masih awal ya sama, jadi jaringan yang mati di potong dan di buang. mungkin jaring yang anda maksud adalah supratul. dulu saya pernah menggunakannya. tapi akhirnya saya menggunakan madu. kalau luka sudah di tangani RS ya memang kita harus ikut sana (RS). dulu saya pernah di tertawakan dokter ketika saya ceritakan mengobatinya dengan madu. karena tidak semua dokter percaya dengan obat herbal. tapi setelah keluar RS saya menggunakan madu kembali.

      Minum madu dan propolisnya insyaallah dak masalah. mungkin bapak bisa mencoba tibbun nabawi dengan bekam untuk terapi stroke.

      saya sendiri juga banyak berkonsultasi dengan dokter dan perawat untuk merawat decubitus suami. alhamdulillah sekarang tinggal kecil.

      semoga lukanya bapak segera sembuh. Allahumasyfi pak haliratnanto adzhibil ba’sa robbannasi, isyfi antasyafi laasyifaa illa syifauka syifaan laa yughodiru saqoma.
      semoga tetap sabar, dan sakit bapak bisa menjadi kafaroh.

      Balas

  5. Posted by elka on Juli 28, 2010 at 5:08 am

    selamat siang,
    saya mau bertanya, apabila luka decubitus terkena air seni, bgmn? apa sebaiknya dipakaikan pampers saja?
    terima kasih

    Balas

    • Posted by tri on Juli 28, 2010 at 8:03 am

      Pengalaman kami kemarin ketika decubitus suami terkena air seni menjadi luka kembali. selain juga najis air seni juga mengandung racun. sebaiknya memang pakai pempers. yang terpenting di jaga kebersihannya. sering miring kanan dan kiri.
      allahu masyfi. mudah-mudahan lekas sembuh.

      Balas

  6. Posted by Cahyono on Maret 26, 2011 at 12:46 pm

    Kalau boleh tau merk madu murninya apa ya? karna saya tidak tau cara membedakan madu murni dan palsu… bapak saya juga kena stroke, sekarang cuma bisa berbaring saja di tempat tidur. dan juga ada luka d dekat bokong dan d pinggul…

    Balas

    • Posted by tri on Maret 26, 2011 at 1:44 pm

      terakhir kami menggunakan madu mesir madu “Black Seed Honey”.
      Selain dengan madu murni yang perlu di perhatikan adalah kebersihan di daerah luka dan sekitarnya.
      Usahakan untuk banyak gerak, miring kanan, kiri, tengkurap.
      dan yang terpenting lagi adalah Doa, semoga bapak anda segera sembuh.

      Balas

  7. Posted by rosianawati on Mei 18, 2011 at 8:02 am

    ass.ibu,bolehkah saya minta alamat yang menjual madu murni untuk saya oleskan pada luka diabetes?karena di tempat saya jarang sekali yang jual madu murni.trimkasih

    Balas

    • Posted by tri on Mei 19, 2011 at 10:37 am

      Wa’alaikum salam. kalau boleh tahu ibu bertempat di mana? selama ini kita menggunakan madu mesir madu black seed, di tempat saya juga jual, atau di toko2 herbal.

      Balas

  8. Posted by Asep Qoriin on Juli 18, 2011 at 1:56 am

    Assalaamu’alaikum, salam kenal Bu! Saya sbg penderita gagal ginjal bukan decubitus. Tapi sy sangat tertarik dan kagum kpd Ibu yg begitu sabar, ikhlas dan gigih terus berjihad mengobati dan merawat suami dg baik. Saat ini sy memakai program CAPD sbg pengganti cucidarah dg cara memasukkan cairan ke perut secara kontinu 4 x sehari lewat cateter yg dipasang paten di perut sebelah kanan. Nah, di lubang cateter itu terjadi infeksi yg sudah 6 bulan ini tidak sembuh2. Setiap hari istri sy selalu membersihkannya dg NaCl dan Betadin + minum obat. Awalnya sy minum Clindamycin, diganti dg Albiotin, Baquinor, Ciproxin. Bahkan sampai dikompres NaCl yg dioplos dg Sagestam injeksi selama berjam-jam, tetap saja kambuh lagi kambuh lagi. Mudah2an sy juga bisa sembuh dg madu spt yg Ibu lakukan pd suami Ibu. Terima kasih, semoga suami Ibu cpt sembuh. Aamiin!

    Balas

    • Posted by tri on Juli 25, 2011 at 1:28 pm

      Wa’alaikum salam. Allahumasyfi kepada pak Asep. Semoga Allah berikan kesabaran dan kesembuhan buat bapak. Amiin.
      Insyaallah kalau madunya murni bisa untuk mengobati luka. yang penting bapak tetap berbaik sangka pada Allah. perbanyak istighfar dan amal sholeh.
      Semoga kita di beri kesabaran dan keikhlasan dalam menghadapi ujian ini.

      Balas

      • Posted by Asep Qoriin on September 12, 2011 at 12:56 am

        Assalaamu’alaikum, Bu Alhamdulillah infeksi pada cateter saya sudah sembuh, dengan terus diolesi madu”Black Seed Honey” merk Hobbat’S dari PT HABBATUSSAUDA INTERNASIONAL INDONESIA yg Ibu sarankan itu tiap pagi dan sore. Saat ini sudah tidak bengkak lagi dan tidak terasa sakit. Hanya saja perawatannya harus selalu steril agar tidak kambuh lagi. Sungguh merupakan anugrah terindah bisa menikmati hidup tanpa ada keluhan yg mengganggu aktivitas kita. Mudah2an mal baik Ibu diterima dan dibalas oleh Alloh Swt dg balasan yg berlipat ganda. Aamiin!

  9. Posted by Lufianus on September 10, 2011 at 2:34 am

    Saya penderita decubitus sudah cukup lama..sudah beberapa tahun. Saya harus bekerja di kantor orang untuk menafkahi anak san istri saya sehingga saya harus berjam2 di kursi roda. Yang ingin saya tanyakan madu jenis apa yang dimaksud, Kalau murni banyak yang menawarkan tapi nggak murni. Mungkin ibu bisa kasih penjelasan ciri2 madu murni atau merk apa yang ibu gunakan.

    Terima kasih

    Balas

    • Maaf pak baru bisa balas.
      madu yang pernah kami pakai adalah madu”Black Seed Honey” dan madu arab Al Shifa. saran saya pak lufianus harus sering mengangkat pantat biar terjadi sirkulasi udara, bisa 1/2 jam sekali atau 1jam sekali.
      Semoga bapak di beri kesabaran dan kesembuhan. Amiin.

      Balas

  10. Posted by Asep Qoriin on September 16, 2011 at 6:27 pm

    Asslmlkm wr wb, maaf Bu sy masih punya masalah dg infeksi pd cateter itu mohon saran dr Ibu! Di bagian lubang masuk cateter yg baru direposisi lukanya Alhmdllh sudah sembuh, kering. Hanya kira-kira 1,5 cm dari lubang cateter tsb terasa nyeri lagi kalau tidak makan obat antibiotik ciproxin atau claneksi. Sy sudah mencoba pakai Propolis 3x sehari sampai 25 tetes, tapi masih saja kambuh lagi. Apakah madu Black Seed Honey juga bisa ampuh sbg antibiotik jika dikonsumsi? Sy tunggu jawabannya! Terima kasih! Wasslmlkm wr wb!

    Balas

    • Wa’alaikum salam Warahmatullahi wabarakatuh.
      alhamdulillah kalau infeksi pak Asep sudah sembuh, ini semua karena Allah dan kesabaran pak Asep beserta istri.
      Dari segi kesehatan madu dalam konsentrasi 30% hingga 50% fungsinya jauh lebih baik dari obat antibiotik. Madu kental menghentikan pertumbuhan bakteri Candida alba. Madu yang mengencer hingga 40% menjadi bersifat bacteridal (pembunuh bakteri), sehingga mampu berperan sebagai anti bakteri dan anti jamur.
      Semoga pak Asep lekas sembuh.

      Balas

  11. Posted by Asep Qoriin on September 27, 2011 at 1:08 am

    Alhamdulillah Bu sekarang sudah tak ada lagi keluhan. Infeksinya sudah benar-benar kering, pembengkakan di dalam sudah tak ada, bahkan kalau ditekan pun sudah tak terasa nyeri. Selama ini sy kombinasikan madu Blac Seed Honey diminum dengan iTech Nano Propolis. Berkah do’a dari Ibu dan terutama karena kehendak Alloh Swt. Terima kasih yg tak terhingga atas semua kebaiakan dan saran Ibu yg sangat berharga bagi kami sekeluarga. Hanya Allohlah yg akan membalas semua amal baik Ibu!
    Terima kasih!
    Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh!

    Balas

    • Posted by tri on Oktober 1, 2011 at 1:33 pm

      Subhanallah, saya sangat senang mendengar berita ini.
      Alhamdulillah, semoga pak Asep dan keluarga senantiasa dalam lindungan Allah Ta’ala dan di mudahkan segala urusan.
      Amiin, ya Rabbal ‘alamiin.

      Balas

  12. Posted by ismed.m on Maret 16, 2012 at 4:07 pm

    Anak Saya juga kena decubitus , kecelakan,lumpuh.

    Balas

  13. Posted by paramitha on Maret 21, 2012 at 1:21 pm

    Assalamualaikum ibu saya punya nenek yang menderita stroke yang mengakibatkan dia tdk bisa bergerak dari tempat tidur. Dia mengalami luka decubitus di bagian maaf pantat sebelah kanan.saya sudah mencoba memakai propolis , Minyak herbajawi , VCO , Bioplacenton , dan kassa antibiotik dari resep dokter tapi belum ada perubahan. Saya baca pengalaman ibu mengobati suami memakai madu murni. yang mau saya tanyakan bagaimana perawatannya ? Lalu madu murni apa yang ibu gunakan untuk mengobati suami ibu ? mengingat sekarang madu palsu banyak beredar di pasaran, dan bagaimana mencegah timbulnya luka baru ? saya ucapkan banyak terimakasih sebelumnya, wassalamualaikum wr.wb

    Balas

    • Posted by tri on Maret 23, 2012 at 2:04 pm

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      decubitus sering dialami oleh penderita stroke atau penyakit yang membuat pasien tidak bisa bergerak. hal itu bisa di cegah dengan banyak gerak. usahakan nenek mbak Mitha sering miring kekiri atau kekanan. di atur juga supaya bisa tengkurap meski hanya 5 menit. jangan biarkan nenek telentang terlalu lama.
      untuk pengobatan saya menggunakan madu arab Black seed madunya sangat pekat tidak encer.kalau mbak mitha susah nyarinya di tempat saya jual.
      meditasi yang saya lakukan pertama adalah membasuh area sekitar luka dengan air hangat karena daerah itu juga rawan kuman, kemudian membersihkan decubitusnya dengan menggunakan NACL, setelah itu baru di oles madu secukupnya. terakhir tutup decubitus dengan kasa steril, oya pada saat membersihkan luka gunakan handskun.
      Allahumasyfi untuk neneknya mbak Mitha, semoga lekas sembuh.

      Balas

  14. Posted by marutha saptani on Maret 31, 2012 at 3:40 pm

    Ass mb trima ksh atas info decubitusnya,mb sy mau tanya?ibu sy mengalami stroke dan hnya bs berbaring makany timbul luka dekubitus.trus kami sdh obati dan lapisan kulitnya mengering tp bgian luka dlmnya msh basah. pd kulit yg sdh kering apa boleh di kelupas ato dipotong trus br di olesi madu murni?
    mohon balasan dan terima ksh.

    Balas

    • Posted by tri on April 4, 2012 at 4:07 am

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      setahu saya memang kulit selepas decubitus akan menjadi sensitif dan berkeriput. kalau tidak membusuk jangan di potong, yang di potong jaringan yang mati saja.takutnya kalau kulit sehat yang di potong nanti malah terjadi luka baru. pada kulit yang kering tu anda olesi dengan minyak zaitun atau minyak but-but. mudah-mudahan bermanfaat.

      Balas

  15. Posted by Juli on Juni 11, 2012 at 9:16 am

    Assamu’alaikum wrwb. Maaf bu, sy mau tanya. Ibu sy tkena Diabetes n stroke, tdapat decubitus dtulang bgn belakang bwh. Sy msh tdk mgerti, knds luka yg mbusuk apakah hrs dpotong atau lgsg d oles madu?

    Balas

    • Posted by tri on Juni 13, 2012 at 4:19 pm

      Wa’alaikum salam. luka yang membusuk harus dipotong dan di buang kalau tidak pembusukannya akan semakin lebar. dengan di potong bagian yang membusuk maka akan segera tumbuh daging yang baru. setelah itu baru di oles / di kompres madu.sebelum di oles madu bersihkan luka dengan NACL, kemudian kompres sebentar dengan revanol setelah kering masukkan madu. semoga ibu mbk juli segera sembuh.

      Balas

  16. Posted by Juli on Juni 18, 2012 at 10:30 am

    Bu, blh tau no hp ibu? Sy ingin bicara lgsg dgn ibu.. Sy lihat decubitus ibu sy berwarna hitam n sdh keras. Apakah ini hrs dpotong jg? Ibu memotong kulit yg mati sendiri atau perawat yg mlakukannya bu?

    Balas

  17. Assalamu’alaikum…
    ibu sy mai purnomo sdh mngalami kelumpuhan 6thn lebih akibat kecelakaan. ada gangguan pada syaraf pusat tulang belakang yg terjepit&tulang ekor/duduk agak tdk beraturan,terjadi pengapuran syaraf jg. slama 6thn itu timbul luka decubitus yg blm bs sembuh. krn cm bs telentang miring n tengkurap.
    mhn solusinya..
    alamat/no tlp yg bs tuk beli madu seed honey brp? ini nmr hp sy (082142604590)

    Balas

    • Posted by tri on Agustus 6, 2012 at 2:56 pm

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      semoga pak Purnama senantiasa di beri kesabaran dan kekuatan oleh Allah Ta’ala.
      kondisi seperti bapak memang harus di kurangi telentangnya. saya mengobati decubitus suami dengan menggunakan madu black seed honey dulu saya dapat dari jakarta tapi sekarang saya jual karena kita membutuhkannya. harganya 55.000 per botol.

      Balas

  18. Posted by yuna on Agustus 9, 2012 at 3:52 pm

    Assalamualaikum..
    mau nanya mensterilkan kassa dg di open caranya?soalnya ibu saya juga ada luka di pantatnya.terimakasih sebelumnya

    Balas

    • Posted by tri on Agustus 10, 2012 at 4:06 pm

      Wa’alaikum salam
      cara mensterilkan kasa ada 2, bisa di oven atau di kukus. namun saya memilih di oven. sebelumnya kasa kita potong terlebih dahulu kemudian kita lipat. kemudian di tata pada suatu wadah, saya memilih 2 loyang untuk membuat roti sehingga kasa dalam kondisi tertutup. atau membeli t4 untuk wadah kasa juga ada tapi agak mahal. oven kita panasi terlebih dahulu baru kemudian kasa di masukkan.

      Balas

      • Posted by yuna on Agustus 10, 2012 at 7:28 pm

        Terima kasih banyak atas infonya dan mohon maaf mau nanya skali lg.suhu oven distel berapa?dan brp menit kassa nya di oven?terima kasih sebelumnya.

      • Posted by tri on Agustus 19, 2012 at 11:24 am

        dengan panas 160 derajat dan lama 15 – 20 menit, tergantung banyak dan sedikitnya kasa yang di oven.
        kalau terlalu lama kasa bisa gosong. semoga mbk yuna di beri kesabaran dalam merawat ibu.

  19. Posted by yuna on Agustus 19, 2012 at 11:45 am

    Terima kasih banyak infonya dan doanya.semoga bermanfaat dan ukhti dberikan barakah krn membantu sesama.amin

    Balas

    • Salam kenal dan salam hormat saya buat, Ibu. Terimakasih atas share pengalaman yg ibu tulis di sini karena saya sedang mencari cara perawatan dan pengobatan decubitus ibu saya yg baru timbul seminggu yg lalu. Kami akan berusaha memberikan perawatan sesuai uraian dan saran Ibu. Utk madu, berhubung kami tinggal di desa, kami cuma menggunakan madu hutan. Apa tdk masalah ya, Bu?

      Balas

      • Semoga anda di beri kesabaran dalam merawat ibu anda.
        sepengetahuan saya, selama madu itu asli insyaAllah tidak mengapa.
        semoga ibu anda segera di beri kesembuhan. jangan lupa ibu harus banyak gerak, miring kanan, miring kiri atau tengkurap.

  20. Posted by cito on November 2, 2012 at 5:01 pm

    assalamualaikum bu…saya mau ikut bertanya,mudah2an ibu berkenan utk mnjawbnya.aammiin…..bu,utk sekali pemakaian pegolesan pemakaian madu itu untuk brp lama sebelum nanti di oleskan lg?…..atas perhatiannya saya ucapkan banyak2 terimakasih…wassalam.wrb.

    Balas

    • Posted by tri on November 3, 2012 at 12:41 am

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Kalau saya mengoleskan madu biasanya sehari 2x, pagi dan malam.
      kalau bisa pas siang hari usahakan luka diisis jadi tidak lembab ada sirkulasi udara.

      Balas

  21. Posted by sahat on Januari 17, 2013 at 3:41 am

    luka operasi tambal kulit

    Balas

  22. Posted by sahat on Januari 17, 2013 at 3:44 am

    q abis kecelakaan sampai operasi tambal kulit….. tp waktu kering lambat banget sampek obat obat yang q dengar aku beli….. gimana caranya?

    Balas

    • Posted by tri on Januari 17, 2013 at 7:56 am

      bismillah, di coba dioles pake madu mudah-mudahan segera kering. Allahumasyfi

      Balas

      • Posted by ani on Januari 28, 2013 at 7:06 am

        selamat siang bu,,,
        ibu saya sekarang sedang di rawat di rmh skt krn penyakit kanker payudara dan karna sudah sebulan selalu terlentang trs di tmpt tdr jd saat ini dia daerah *maaf (tulang bokong) trkena decubitus seperti daging yg terkorek. Selama ini di rmh skt hny di olesi trs dgn salep acyclovir. Yang mau saya tanyakan apa saat sudah di salep trs saya olesi lg dgn madu itu tdk apa2? dan yg kedua saya mau tanyakan luka kanker payudara ibu saya yang semakin hari semakin dalam lukanya apa bs di olesi dgn madu tersebut? lalu madu al-shifa dan madu black seed honey lbh bagus yg mana ya? mohon penjelasannya karna saya sudah sangat tidak tega dengan keadaan ibu saya apalagi kanker payudaranya yg smakin grohak ke dalam. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

      • Posted by tri on Februari 1, 2013 at 11:04 pm

        Maaf baru bisa balas.
        Mbak ani yang saya hormati. Untuk mengurangi pelebaran pada decubitus posisi ibu anda harus sering di rubah. usahakan miring kanan dan kiri. yang pernah saya lakukan ketika saya mencoba obat baru saya lihat perkembangannya bagaimana, setelah 1 pekan atau 2 pekan pemakaian tidak ada perubahan saya ganti dengan yang lain. saya juga pernah menggunakan madu al shifa. atau bisa di coba juga madu manuka. Untuk kankernya anda bisa mencoba menggunakan propolis. semoga ibu mbak ani segera diberi kesembuhan. Allahumasyfi.

  23. Posted by puput on Februari 1, 2013 at 5:07 am

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Bu..ibu saya mengalami decubitus di tulang ekor dan sekarang cukup parah karena sudah agak dalam lukanya (bolong)..
    اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ saya akan coba Ɣªήğ ibu lakukan terhadap suami ibu..
    Namun Ɣªήğ saya ingin tanyakan,,setelah dioleskan madu..apakah hrs ditutup dgn kasa steril atw di buka saja..?
    Terima kasih bu..

    Wasalam

    Balas

    • Posted by tri on Februari 2, 2013 at 9:47 am

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarokatuh.
      Ketika luka di oles madu ia harus di tutup dengan kasa yang steril. namun kadang luka itu juga harus dibuka supaya dapat udara. yang biasa saya lakukan ketika saya mengobati luka suami, saya isis terlebih dahulu tapi luka saya tutup dengan kasa supaya tidak dihinggapi lalat. setelah beberapa saat baru saya bersihkan. semoga ibu antum segera di beri kesembuhan dan antum diberi kesabaran dalam merawat beliau.
      Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarokatuh

      Balas

  24. assalamualaikum,,,,
    istri sya sdah lebih dr 5 bulan kena decubitus,dulu bagian bokong dan tulang ekornya juga kena,..sekarang bagian piggulnya kena,,,,dan yg paling parah

    obilitas,atau gerak tidak bisa krna posisi kanan kiri kena semua,,
    bisanya mring kekanan saja,,namun sdah memakai kasur kusus decubitus…
    perawatan 3 hari sekali..

    apa yang harus saya berikan untuk istri saya..???

    terima kasih,,
    didin 0857 908 24 772

    wassalam..

    Balas

    • Posted by tri on Mei 13, 2013 at 12:19 am

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarokatuh.
      Semoga Allah memberi kesabaran kepada pak Didin.
      Bapak menggunakan obat pa? kalau tidak bisa miring bisa dengan tengkurap.
      sebaiknya perawatan 2x dalam sehari.Semoga istri bapak segera sembuh, Allahumasyfi.

      Balas

  25. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
    Bu, saya mau beli madu black seed honey kepada ibu untuk mengobati adik saya yang kena decubitus di bagian tulang ekornya. bisa dikirim kan Bu madunya? kalau bisa bagaimana cara membelinya dari Ibu? Saya Tinggal di Bengkulu.
    Wassalam..

    Balas

    • Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      posisi saya di jawa tengah, kalau kirim dari sini biayanya mahal, cari dibengkulu ja ada teman suami yang jual herba di sana. namanya martoni 0813 9847 1986 bilang dikasih tahu istrinya pak amru.
      semoga adiknya segera sembuh, allahumasyfi.

      Balas

  26. Posted by nianana albukhory on November 6, 2013 at 1:59 pm

    assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    bu ,manakah yang lebih baik, madu memeras sndri atau blackseed honey?
    dan apakah jaringan yg sudah mati dbagian dalam (bukan kulit luar) harus dbuang atau di olesi madu saja,
    ditugu blsnya bu,, terimakasih, wasalamualaikum,

    Balas

    • Posted by tri on November 9, 2013 at 10:10 am

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
      Yang saya ketahui yang baik adalah madu asli. jaringan yang mati harus di buang, kalau tidak akan mengganggu perkembangan jaringan baru.Semoga lekas sembuh, Allahumasyfi.

      Balas

  27. Posted by lilis masyitoh on November 12, 2013 at 7:04 am

    Assalaamu’alaikum wr. wb
    Bu, ibu saya menderita decubitus di 3 tempat, di atas tulang ekor, di bokong dan pinggul kanan, yang parah di bokong, dua bulan lalu saya baca tulisan ibu dan mulai melakukan hal yg sama untuk ibu saya, alhamdulillah di bokong sudah lepas semua jaringan nekrotiknya yang sudah sangat bau. Untuk menghilangkan bau, saya memakai metronidazole,antasida doen dan gula pasir. Yang dua lagi masih suka bengkak tapi sudah tidak ada cairan eksudatnya. Yang membingungkan saya, di bokong sudah tumbuh daging yang sehat warna merah, apa saya terus oleskan madu dan ditutup kasa? soalnya jadi lecet dan berdarah, terima kasih bu…

    Balas

    • Wa’alaikum salaam warahmatullahi wabarokatuh.
      afwan baru bisa balas. di kasih madu insyaallah dak pa2, nanti kalau saatnya kering luka tersebut tidak akan mengeluarkan darah lagi.
      semoga mbak lilis diberi kesabaran dalam merawat sang ibu. semoga ibunya mbak lilis lekas sembuh, Allahumasyfi.

      Balas

  28. Posted by Veby on November 25, 2013 at 3:09 pm

    selamat malam ibu, Kakak saya menderita decubitus, apa bisa beritahu kami dimana saya bisa membeli madu blackseed honey ini, krn saya tdk menemukannya d sini (bogor) , terimakasih

    Balas

  29. Posted by ningsih on Desember 4, 2013 at 10:01 am

    Assalaamu’alaikum wr. wb

    ibu..dimanakah saya bisa mendapatkan madu murni “Black Seed Honey” karena a ingin mencoba pengobatan decubitus untuk bapak saya dengan menggunakan madu murni, saya domisili di tangerang. Terimakasih infonya ibu

    ningsih 081355002101

    Balas

    • Posted by tri on Desember 5, 2013 at 1:53 am

      Wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      Madu bisa di dapatkan di toko2 herbal.kalau tidak dapat madu blackseed yang penting madu murni, atau madu al syifa juga bisa.

      Balas

  30. Posted by raras on Februari 19, 2014 at 2:52 am

    Assalamu’alaikum ibu Tri
    Saya mau kontak ibu via telpon. Kalau ibu tidak berkeberatan, bs kirim no.kontaknya ke e-mail saya?
    Jazakallah khair atas perhatiaannya

    Balas

  31. Assalamualaikum wr.wb
    Terima Kasih ibk atas infonya.. saya Sedang menghadapi hal yang seperti ini..

    Balas

  32. Posted by Isna on Maret 25, 2014 at 5:33 pm

    Assalamualaikum ukhti.
    Saya saat ini sdg merawat ne2k dg 3 luka decubitus.dua luka kulitnya menebal dan menghitam.bagaimana cara perawatanya,apa kulit yg hitam dan tebal itu harus di gunting dulu.terima kasih

    Balas

  33. Posted by Nia on Maret 25, 2014 at 5:57 pm

    Assalamualaikum ukhti.
    Kemarin saya habis menggunting decubitus nenek yg sdh hitam dan keras.tapi daging di bawah lapisan tsb masih kelihatn agak menghitam dan ada selaput putih (kalau di mata seperti katarak)
    bagaimana cara membersihkan luka decubitus yg benar? Apa harus bnr2 bersih sampai kelihatan daging merah segar.soalnya saya kesulitan membersihkan nya krn lukanya agak dalam jzkmllh.

    Balas

  34. Posted by Aceng Sugiarto on Maret 27, 2014 at 2:44 am

    Assalamu’alaikum .
    Terima kasih bu atas masukannya, mertua saya lagi di rawat di RS sudah 10 hari karena luka Decubitus, insya Aallah jadi masukan kami ketika perawatan di rumah, Jazaakillah…

    Balas

    • Posted by tri on April 3, 2014 at 10:37 am

      wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
      sama sama pak , semoga ibu mertunya segera di beri kesembuhan juga keluarga yang merawat di beri kesabaran. aamiin

      Balas

      • Posted by dodi on Mei 21, 2014 at 2:31 am

        assalamu’alaikum bu,
        Ayah saya juga punya kasus sama bu dekubitus di bagian tulang ekor. Selama 1 bulan kemarin di rawat di rumah sakit karena penyakit saraf terjepi akibat tulang keropos oleh kanker. mau di operasi tulang belakang dan dekubitusnay tapi saya masih bingung karena sumber kanker belum diketahui. Saya ingin tanya setelah perawatan 1 bulan, luka mulai mengecil, tapi bagian kiri luka, kulit menebal dan luka menjadi dekok ke dalam. apa memang seperti itu? harus saya apakan kulit yang menebalnya/keras? perawatan lukanya berapa kali sehari? Mohon balasannya bu. Terima kasih sebelumnya

      • Posted by tri on Mei 23, 2014 at 2:41 am

        wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
        semoga bapaknya pak dodi segera di beri kesembuhan dan keluarga di beri kesabaran.
        alhamdulillah luka mulai mengecil, setahu saya bekas luka suami saya juga dekok. kemungkinan karena pertumbuhan jaringannya kurang akhirnya juga kurang sempurna. insyaAllah dak papa.

  35. Posted by dodi on Mei 23, 2014 at 9:44 am

    teima kasih bu tri atas balasannya. Sekarang luka sudah mulai mengecil dan dagingnya terlihat merah, tapi masih ada kulit mati/koreng yang berwana putih, apa harus saya buang? Karena madunya tidak bisa masuk ke dalam. Dan cara pemberian madunya di oleskan ke dagingnya atau cukup di perban lalu d tempelkan?

    Balas

    • Posted by tri on Juni 17, 2014 at 12:37 pm

      maaf pak dodi sy lama tdk buka blog. semoga kondisi bapaknya pak dodi sudah membaik.
      setahu sy kalau ada pertumbuhan berwarna putih lunak bisa jadi jamur harus di buang, tapi kalau mengering insyaallah dak perlu di buang.sebelumnya saya juga minta maaf, saya bukan orang kesehatan saya hanya belajar dari pengalaman merawat luka suami.

      Balas

  36. Posted by paramitha on Juli 10, 2014 at 7:31 am

    asslmkm. Bu, saya ingin bertanya ttg kasur yg digunakan untuk perawatan decub. Kira-kira kasur angin biasa bisa tdk ya bu? Karna selama dirawat di RS menggunakan kasur anti decub. Ibu saya memiliki luka decub yg lumayan besar di bokongnya. Terima kasih

    Balas

    • Posted by tri on Agustus 22, 2014 at 6:27 am

      Wa’alaikum salam warahmatullah.
      maaf mb paramita baru bisa balas. yang terpenting jangan terlentang terus mbk. usahakan untuk merubah posisi, miring kanan kiri atau tengkurap

      Balas

  37. Posted by chinta on Juli 15, 2014 at 9:19 am

    asalamualaikum…bu saya mau bertanya tentang luka decubitus…bu kalau luka itu hanya diolesin mada dn dibersihkan air hangat aja gimna bu…kalau mau beli revanol tau cairan infus saya gk mampu beli madu saja harua ngutang dulu…dn lukanya ada dilutut kaki dua2nya bu…sampei berlubang dn kmarem ada daging busuk sudah diguting ..tpi waktu diberi madu kok digerumbutin semut hitam bu….kasih info yg jlas ya bu tolong banget balas di nmor ini 083808627705 saya tunggu secepatnya

    makasih sebelumnya bu

    Balas

  38. assalmulikum wr.wb… membaca tulisan tulisan ini membuat saya jadi kuat dan sabar lagi sera yakin. saya mendampingi ibu say dari ahun 2007 kena serangn janung dan sempet strok total hampir dua buln sekali msuk ICU dan sampa akhirnya dari tahun 2010 sampi sekrang klo kerasa tidak harus dibw ke rumah sakit cukup dirumah saj dengan tobat tradisional dari daun daunan eapi pusa kemarin karena merasa udah sehat mungkin beliau berpuasa full dan beraktifitas seperti hanlnya orang normal akhirny janungnya kambuh beliau koma 6 jam sekrang tinggal kaki yang kanan yang belum gerak, tetapi yang sekarang da luka di sekitar maaf pantatnya setiap pagi dan sore saya cuman bisa membersihkan dengan cairan revanol dan dikompres pakai NACL karena klo pakai salep atau betadin suka jadi sedikit bau gtu, saya pingin memakai madu murni yang ibu alami tapi takut salah nyari madunya kebanyakan palsu. bisa pesan lewat ibu ga madunya? mohon balasan secepatnya bu alamat saya di tasikmalaya ini nomor saya bu 082216751057 , semoga ibu berkenan untuk sms ke nomor ini .
    makasih banyak sebelumnya.
    wassalamualaikum

    Balas

    • Posted by tri on Agustus 22, 2014 at 6:13 am

      Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
      Kami meminta maaf kepada para pembaca blog ungkapan hati ukhti muslimah,yang beberapa bulan kemarin tidak bisa membalas pertanyaan yang masuk di karenakan leptopnya dalam perbaikan.

      Atas perhatiannya kami ucapkan jazakumullah khoiron. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi.

      Balas

    • Posted by tri on Agustus 22, 2014 at 6:15 am

      Semoga Mbk Nurul di beri kesabaran dalam mengurus ibunda tercinta. syafahallah.

      Balas

  39. Posted by rahma on Oktober 9, 2014 at 7:31 pm

    assalamualaikum mba ibu saya tekena penyakit syaraf kejepit sudah satu tahun dan di bagian tulang ekor mengalama decubitus yang sangat besar diameter ya dan daging yang membusuk nya sulit untuk lepas ( jika di gunting itu bagaimana dan memakai gunting apa ?) bagaimana cara penanganan decubitus tersebut dan untuk saraf nya juga ..terimakasih

    saya juga mau beli madu ya mba
    rahma 081281131053

    di tunggu sms ya mba🙂

    Balas

    • Posted by tri on Oktober 18, 2014 at 12:15 pm

      wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarokatuh
      mbk rahma dan pak abdy maaf ya baru bisa balas. untuk decubitus yg membusuk supaya gampang mengguntingnya saya menggunakan metronedazole atau hydrogen peroxide 3%. kalau yang busuk belum di ambil tidak akan tumbuh daging yang sehat dan akan semakin dalam pembusukannya. cari gunting dan alat penjepit di toko alat alat kesehatan. untuk saraf kejepitnya dengan terapy mbk, insyaAllah bisa sembuh.
      semoga ibunya mbk rahma dan ibunya pak abdy segera di beri kesembuhan.

      Balas

  40. Posted by taufiq hidayah on Oktober 19, 2014 at 3:32 pm

    Assalamu’alaikum bu tri saya taufiq di lampung penderita descubitus di bagian pantat sebelah kanan hingga sampai menggeser tulang karna sudah lama saya menderita, hampir 10 tahunan.
    Awal mula nya karna jatuh dari pohon dan tidak bisa jalan dan separuh badan saya mati rasa.
    Hingga pup,pipis pun tidak bisa saya rasakan .
    Yang menjadi masalah nya karna pup dan pipis nya tidak terasa luka ini sulit di hindari dari kelembaban bahkan sering basah akibat air seni yang keluar tanpa saya sadari.
    saya juga sudah menggunakan pempers untuk meminimaliskan agar tidak semakin parah .
    nah yang ingin saya tanyakan ke IBU TRI,HARUS DI PERBANKAH LUKA NYA ATAU TIDAK DI PERBAN .
    Karna selama ini jika di PERBAN selalu basah terkena air seni dan jika tidak DI PERBAN selalu terkena air seni dan membuat lecet pada bibir luka descubitus nya.
    Saya bingung harus dengan cara seperti apa,dan jika di beri madu sering di gigit semut.
    Yang harus di lakukan untuk pengobatan nya gimana Bu Tri ..??
    Terimakasih di tunggu solusi nya ..🙂
    Wassalam

    Balas

    • Posted by tri on Oktober 22, 2014 at 10:45 am

      wa’alaikumus salam warahmatullahi wa barokatuh.
      syafakallah pak taufiq semoga Allah berikan kesabaran dan kesembuhan kepada pak taufiq.
      sebaiknya lukanya di tutup perban, meski kena air seni juga tapi paling tidak akan lebih terjaga dari bakteri.
      suami saya juga separuh badan lumpuh. untuk BAKnya saya mengikuti saran dokter urologi yaitu training cateter. alhamdulillah semenjak training cateter tidak terjadi fistel lagi. selang cateter di masukkan tiap 3 jam sekali bisa diatur waktunya setelah di rasa tuntas pipisnya bisa di lepas dan di simpan. 3 jam kemudian bisa di masukkan lagi.
      kalau luka kena pipis segera ganti pempersnya dengan yang bersih karena air seni tu bahaya untuk luka. kalau menggunakan madu dan di kasih perban insyaAllah tidak di gigit semut.
      yang sabar ya pak, semoga Allah segera menyembuhkan pak taufiq, ibu juga di beri kesabaran dan ke ikhlasan dalam merawat bapak. salam saya buat ibu, insyaAllah jannah menantimu.

      Balas

      • Posted by taufiq hidayah on November 2, 2014 at 5:53 pm

        terimakasih banyak bu tri atas saran dan nasehat nya.
        Ohya bu boleh bertanya lagi ..
        Saya kan aktif untuk bergerak,.
        Harus kah saya stop aktifitas ku bu..??
        Dan untuk mandi harus kah di stop mandi nya juga,atau harus rutin mandi..??
        atau hanya di lam2 aja,karna luka decubitus di bagian pantat tidak bisa dihindari dari air..Terimakasih

      • Posted by tri on November 7, 2014 at 10:09 am

        Meski ada decubitus tidak mengapa untuk beraktifitas . yang penting kita bisa mengatur posisi , jangan sampai lama lama duduk atau maksimal duduk 3 jam. harusnya decubitus tidak terkena air, jadi kalau mandi usahakan untuk menutup rapat decubitusnya.
        pada saat membersihkan decubitus usahakan sekitar luka juga di bersihkan.
        allahumasyfi pak taufiq, barokallahu fiek.

    • Posted by Lufianus on November 18, 2014 at 9:18 am

      Pak Taufik, saya mengalami hal yang sama dengan Bapak. Untuk mengatasi pipis yang keluar dengan sendirinya saya menggunakan kondom kateter yang dihubungkan dengan kantong kateter. Kondom kateter Inesko merknya bisa diperoleh di toko obat di pramuka Jaktim.

      Balas

  41. Posted by novan on Oktober 28, 2014 at 2:40 pm

    Permisi Bu,, saya ingin bertanya,apakah madunya di oleskan hingga bagian dalam lubang dikubitus atau hanya luarnya saja? Terimakasih banyak.

    Balas

    • Posted by tri on November 2, 2014 at 12:57 pm

      untuk mengobati decubitus dengan madu, setelah luka di bersihkan dengan nacl atau air hangat madu di masukkan sampai ke dalam luka lubang decubitus baru kemudian di tutup dengan kasa. semoga di beri kesabaran dan kesembuhan mas novan.

      Balas

  42. Assalamu alaikum maaf mbak saya mau tanya training kateter kayak gimana yah kan sakit tuh kalo dikateter apa lg pasang cabut gitu hehehe kebetulan bapak sayanjg lgbsakit setiap hari lukanya saya cuci 3x cucinya pwke nacl plus obat merah dan alahamdulilah lukanya tidak ada bau abis dicuci saya kasikan oxeferin belum pake madu soalnya susah cari aslinya dan yg saya mau tanyakan kan penderita biasa demam tuh kalo dapat luka begini nah kalo ibu kasi apa yah ama suaminya klo pas lg demam kalo saya seh kasi paracetamol cuman kdang susah alnya bapak saya makannya pake spoit soalnya mlas mengunyah apa lg kemarin sempat di sonde intinya makannya susah sedangkan saya tau penderita dekobitus makannya harus bagus untuk mempercepat pertumbuhan jaringan kulit……

    Balas

    • Posted by tri on November 2, 2014 at 1:10 pm

      wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarokatu.
      masalahnya suami saya tidak merasakan dari ulu hati sampai bawah pak afif, jadi ketika cateter masuk dia tidak merasa sakit. coba nanti saya tanyakan ke dokter urologi , training cateter bagi yang tidak lumpuk.
      suami saya juga akan demam ketika timbul luka baru, biasanya saya beri minum madu kalau belum turun juga baru saya kasih paracetamol.
      coba bapaknya pak afif di kasih minyak ikan kutuk atau ikan gabus,insyaAllah banyak proteinnya. kalau buah bisa juga dengan di jus. semoga bapaknya pak afif segera di beri kesembuhan serta keluarga di beri kesabaran dalam merawat beliau.

      Balas

  43. Posted by Paramitha on November 15, 2014 at 11:10 am

    aslmkm. bu, apakah ibu masih menjual black seed honey? saya sudah mencaricari tapi madu tsb sedang kosong. saya domisili di Bandung.
    Ibu saya menderita stroke dan tdpt decubitus di panggulnya (alhamdulillah sudah mengecil). kemarin sempat diobati dgn madu hitam (bukan dari yang ibu pakai) namun perubahannya terasa lambat. Jadi saya ingin membeli black seed honey dari ibu.
    Bolehkah saya meminta nomer telepon yg bisa saya hubungi?
    terima kasih banyak bu

    Balas

    • Posted by tri on November 16, 2014 at 9:34 am

      Wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh
      Allahumasyfi buat ibunya mb paramita semoga Allah berikan kesabaran dan kesembuhan kepada beliau. selain black seed honey bisa juga menggunakan madu al syifa yg dari mesir. insyaAllah di toko2 herba sudah banyak. O8564713O7O3

      Balas

  44. Assalamu alaikum mba terimakasih banyak atas info nya…ibu saya juga menderita stroke sudah 7 tahun dan satu bulan yang lalu ibu saya di rawat lagi di rumah sakit karena stroke berulang sekarang sudah tidak bisa apa 2x di tambah lagi sekarang ada luka decubitus yang setiap harinya melebar saya kasihan dengan ibu saya karena sepertinya sakit sekali setiap di pindah posisinya karena lukanya melebar dan dalam dan tulang nya terlihat… mohon mba kasih tau bagaimana saya merawat ibu saya dengan luka seperti itu terakhir saya menggunakan suprasorb A untuk menutup lukanya….

    Balas

    • Posted by tri on Maret 16, 2015 at 7:32 am

      Wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarakatuh. semoga mb lestari di beri kesabaran dalam merawat sang bunda.
      Jika ada pembusukan segera bersihkan supaya luka tidak melebar dan dalam.potong bagian yang membusuk, setelah itu baru di beri obat.
      pengalaman yang saya alami, luka yang membusuk bisa di kompres dengan hydrogen peroxide 3%.usahakan juga sekitar luka dalam keadaan bersih.selain itu rubah posisi berbaring.
      semoga bundanya mb lestari segera di beri kesembuhan.
      jika ada no wa, akan lebih mudah lagi untuk sharing.

      Balas

  45. Posted by mayza on April 30, 2015 at 1:24 am

    ass…..mba…ibuku habis kecelakaan sekitar 2005, telapak kaki rusak parah bahkan sampai sekarang belum kering karena ada luka yang dalam….sudah 3 kali operasi tambal kulit tapi gagal, segala jenis obat sudah aku belikan, tapi luka tersebut tidak sembuh karena daging tidak tumbuh secara teratur, luka tersebut aku bersihkan dengan air hangat lalu aku bersihkan lg dng NACL,….apakah madu asli dapat membantu menyembuhkan luka ibuku…

    Balas

    • Posted by tri on Juni 8, 2015 at 11:49 am

      wa’alaikumus salam warahmatullah. maaf baru bisa balas. madu in syaa Allah dapat menyembuhkan luka ibunya mbk mayza. bisa juga ditambah collagen tuk pengobatan dari dalam. semoga ibunya lekas sembuh. Barokallahu fiik

      Balas

  46. Posted by kasma on Mei 6, 2015 at 12:37 pm

    bu ibu saya baru sembuh dari strok ringanusianya 78 thn dan sekarang dalam masa penyembuhan syukur alhamdulillah seluruh badannya tangan kaki dan mulut normal bisa di gerakkan tapi di maaf ya bu??? di pantatnya lecet dan agak belubang kebetulan rdirumah ada madu arab assifah apa boleh madu itu dipakai untuk luka tersebut???

    Balas

  47. Posted by novka on Juni 22, 2015 at 5:59 pm

    ass wrwb mba ayah saya penderita stroke dan beliau sudah terbaring lama di tempat tidur dan beliau kini mulai tumbuh luka dan kini mulai membesar dan saya sudah baca solusi yg mba berikan di atas dan saya sudah membeli madu black seed honey tapi yang malika. apakah madu itu boleh di oleskan di luka ayah saya???

    Balas

    • Posted by tri on Juni 26, 2015 at 7:58 am

      wa’alaikumus salam warahmatullahi wabarokatuh. semoga bapaknya mbk novka segera sembuh. sebenarnya tidak hanya madu black seed saja yang bisa untuk penyembuhan luka. selama madu itu murni in syaa Allah bisa di g

        unakan.

      Balas

  48. Posted by sindi on Juni 25, 2015 at 8:00 pm

    Assalamu’alaikum, nenenk saya menderita dekubitus karena sudah lama terbaring ditempat tidur, lukanya mengeluarkan bau busuk, baru baca artikel ibu, mau dipraktekkan semoga cepat sembuh.amin

    Balas

Tinggalkan Balasan

